Vitamin D Memperpanjang Hidup Penderita Penyakit Ginjal Kronik

May 9 | Posted by Muhammad Yusuf E. | Kesehatan Tags: , ,

Pada pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) terutama yang telah memasuki stadium terminal, seringkali ditemukan komplikasi berupa peningkatan kadar hormon paratiroid (hiperparatiroid) . Kondisi hiperparatiroid dapat meningkatkan risiko kerusakan tulang (dikenal dengan nama osteodistrofi ginjal) dan penyakit kardiovaskular.

Penyebab utama dari kondisi ini adalah turunnya kemampuan ginjal dalam memproduksi kalsitriol (suatu bentuk aktif vitamin D), sehingga penyerapan kalsium di saluran cerna terganggu (kalsitriol berfungsi dalam penyerapan kalsium makanan pada saluran cerna). Rendahnya kadar kalsium dalam darah akan merangsang kelenjar paratiroid untuk memproduksi hormon paratiroid lebih banyak sehingga terjadilah kondisi hiperparatiroid. Hormon paratiroid akan merangsang tubuh untuk meningkatkan kadar kalsium darah dengan mengambil cadangan kalsium, misalnya dari tulang, yang dapat berakibat keroposnya tulang.

Dari penelitian yang dilakukan Dr. Bryan Kestenbaum dari Universitas Washington, Seattle yang melibatkan 1.418 pasien PGK stadium 3 dan 4, di mana terjadi penurunan fungsi kerja ginjal pada tingkat menengah hingga berat, menunjukkan bahwa pemberian terapi vitamin D aktif (kalsitriol) dapat menurunkan risiko kematian pada pasien PGK dan terjadi penurunan kadar hormon paratiroid yang lebih nyata dibanding kelompok yang tidak mendapatkan terapi kalsitriol.

Perbandingan angka kematian pasien pada kedua kelompok dipantau selama dua tahun dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan, pasien yang mendapatkan terapi kalsitriol, mengalami penurunan risiko kematian hingga 26%. Selain itu, ditemukan pula pasien yang mengalami perkembangan menjadi stadium akhir PGK (PGK stadium terminal) atau yang memerlukan dialisis sebagai pengganti fungsi ginjal yang rusak menjadi lebih sedikit.

Dr. Kestenbaum juga menambahkan bahwa defisiensi vitamin D pada pasien PGK berhubungan dengan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terapi kalsitriol pada pasien PGK selain memberikan manfaat dalam menurunkan risiko kematian, juga dapat memperlambat perkembangan stadium penyakit ginjalnya.

Referensi: Vitamin D May Help to Extend Life in Chronic Kidney Disease.
http://www.medindia .net

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>