Backup Data MySQL Dengan PHP

phpSalah satu programming yang banyak dipakai di dunia saat ini adalah PHP. PHP bergembang begitu pesat dipakai dalam konten website yang memakai engine CMS. Misalnya saja adalah wordpress atau joomla. Kedua CMS ini sebagian besar memakai database MySQL. MySQl adalah database yang dapat kita pakai dengan gratis.

Hal yang terpenting ketika kita memakai MySQL adalah data backup. Backup ini harus kita lakukan berkali-kali agar data kita tetap aman, ketika terjadi kerusakan harddisk atau hilangnya data karena sebab yang tidak kita ketahui. Berikut adalah tulisan singkat, bagaimana memakai PHP script sederhana untuk melakukan backup data di MySQL.

[sourcecode lang='php']

$dbname = “infokomtek_com”;
$dbhost = “localhost”;
$dbuser = “root”;
$dbpass = “******”;
$backupFile = “infokomtek_com”;
$backupFile = $dbname . date(“Y-m-d-H-i-s”) . ‘.gz’;
$command = “mysqldump –opt -h $dbhost -u $dbuser -p $dbpass $dbname | gzip > $backupFile”;

system($command);

?>

[/sourcecode]

$dbname = “infokomtek_com” adalah nama data base yang ingin kita backup. $dbhost = “localhost” adalah nama host data base kita berada. $dbuser = “root” adalah user untuk mengakses database. $dbpass = “******” adalah password untuk mengakses database. Tergantung setting di MySQL anda, terkadang tidak diperlukan password untuk konek ke MySQL.

Kalau anda menyimpan script PHP ini dalam crontab, maka anda dapat melakukan backup data base anda sesuai dengan yang anda inginkan. Selamat mencoba.


Tagged: , ,